My Best Friend Wedding

" Midodareni itu apa?"

Pagi 4 Juni gw melontarkan pertanyaan tersebut pada Abang, dan 36 jam setelahnya gw duduk di kamar sahabat gw menemani di malam midodareninya.



Well... ini pertama kalinya gw mengikuti serangkaian ritual pernikahan adat jawa (jogja), selama ini gw kira prosesi pernikahan hanya ijab-kabul dan resepsi ternyata perintilan yang lain lumayan banyak juga. Maklum dari dua sepupu gw yang sudah menikah, yang satu enggak pake upacara adat panjang2 yang satu lagi pakenya pedang pora.

Nah, rangkaian acara pernikahan sahabat gw ini dimulai dengan pengajian lalu acara siraman, midodareni, akad dan resepsi. Gw dan salah satu sahabat gw yang lain mengikuti acara tersebut dari pengajian (walau terlambat gara2 macet hihihihi). Pengajian diisi dengan ceramah mengenai bagaimana menjadi istri yang baik. Kemudian acara siraman. acara ini diawali dengan persiapan air siraman yang dimabil dari 7 mata air dan tidak lupa kembang (berapa rupa yah??). lalu yang calon pengantin akan disiram oleh orangtua dan sesepuh-sesepuhnya. sebelumnya ada juga acara sungkemannya.

Malamnya acara midodareni. Gw emang penasaran banget sama acara yang satu ini. Ternyata acaranya adalah, temen gw who is sang calon pengantin wanita itu didandanin yang cantiiiik (walau dy emang udah cantik) dan disimpan di kamar sementara di luar calon pengantin prianya kenalan sama keluarga besar calon pengantin wanita. Jadilah kami bertiga menghuni kamar pengantin sambil cekikikan. Nah pas acaranya dah mau berakhir, datanglah para kerabat calon pengantin pria yang menengok calon pengantin wanitanya. Kata temen gw sih buat ngasih bocoran ke calon pengantin prianya kalo pengantin wanitanya itu cantik hihihihihi.

Pagi tanggal 6 Juni adalah akad nikah sahabat gw. Rada berbeda dari yang selama ini gw saksikan. Si pengantin wanitanya tetep disimpan di kamar sementara penganten prianya nyucapin ijab kabul di depan penghulu. Sebelumnya penghulu dan orangtua pengantin wanita memastikan dulu kalo si pengantin wanitanya emang udah bener-bener yakin. Jadilah akhirnya sahabat gw itu menjadi istri orang hehehehehe dan setelah ijab kabul selesai barulah pengantin wanitanya dikeluarkan untuk bertemu suaminya dan melaksanakan serangkaian upacara adat jawa yang lainnya seperti injak telur, kucur-kucur, suap-suapan dan tentu saja sungkeman (lagi).

Yah itulah pengalaman pertama gw menjadi bride's maid. Selamat menempuh hidup baru Miley dan Bary. Semoga menjadi keluarga yang sakinah mawadah wa rohmah ^.^v

Comments

Post a Comment

Popular Posts